Breaking News
Tulis & Tekan Enter
Logo

Berdayakan Masyarakat Takalar, PKM Kemenristekdikti Gandeng Unifa Gelar Demonstrasi Penganan Jagung Pulut

Pengabdian Kepada Masyarakatn (PKM) Kemenristekdikti menggelar kegiatan demonstrasi pengolahan bahan makanan dengan tema “PKM Home Industri Penganan Jagung Pulut”. Kegiatan itu berlangsung di Kelurahan Manongkoki, Kecamatan Polongbangkeng Utara Kabupaten Takalar.

Kegiatan ini dihadiri oleh masyarakat Kelurahan Manongkoki dan sekitarnya. Hadir pula Tim PKM Kemenristekdikti Universitas Fajar, kepala bidang ekonomi kreatif dinas Pariwisata kabupaten takalar, chef Kiki (Hotel Continent Makassar), Chef Anchu (Maxone Hotel Makassar), Kelompok Swadaya Masyarakat (KSM) Bulosibatang, KSM Sipakatau, Dosen Akuntansi Universitas Fajar.

Dalam kegiatan ini didemonstrasikan kreasi Penganan Jagung Pulut yang merupakan Produk khas pribumi di Kabupaten Takalar.

Adapaun Produk kreasi yang dibuat diantaranya, puding Jagung Pulut, Nugget Jagung Pulut, bolu Jagung Pulut, ice cream Jagung Pulut, susu Jagung Pulut dan Jagung Pulut selimut telur.

Kabid Ekonomi Kreatif Dinas Pariwisata Takalar, Andi Gunawan mengatakan kegiatan ini merupakan bagian dari pelaksanaan PKM yang terlaksana berkat dukungan penuh dari Kementerian Riset, Teknologi Dan Pendidikan Tinggi dan Universitas Fajar.

Ditempat yang sama, Ketua Kegiatan PKM Nasrullah menuturkan, kegiatan ini dilaksanakan selama tiga bulan. Terhitung Juli sampai September 2019 yang dibagi kedalam beberapa rangkaian tahapan kegiatan. Yakni survei awal dan sosialisasi program, persiapan dan pendataan peserta melalui kelompok mitra, pelaksanaan kegiatan dan pendampingan usaha.

“Untuk hari ini sudah sampai tahap pelaksanaan kegiatan demonstrasi Produk olahan Jagung Pulut. Besok peserta kegiatan akan dibekali ilmu penyusunan pembukuan sederhana untuk usaha kecil dan mikro, manajemen dan packaging serta ilmu pemsaran digital Produk olahan Jagung Pulut,” kata Nasrullah.

Lanjutnya, materi berikutnya akan disampaikan di Kelurahan Manongkoki, Kecamatan Polongbangkeng Utara Kabupaten Takalar. Hal itu demi peningkatan pengetahuan dan keterampilan melalui pendidikan dan pelatihan. Khususnya bagi Kelompok home industri untuk mengolah dumber daya alam lokal dalam rangka pemberdayaan masyarakat.



Dipost Oleh Super Administrator

Seorang administrator bagian HUMAS Universitas Fajar

Tinggalkan Komentar